Oncom

Oncom sangat bermanfaat untuk kesehatan yaitu untuk mencegah perut kembung.

Tiap 100 gram oncom mengandung 13,8 gram protein, 6 gram lemak, 22,6 gram hidrat arang dan 968 milligram kalsium.

Oncom juga mengandung zat besi (Fe) dan Phosfor (P).

Meski terbuat dari ampas tahu atau bungkil kacang tanah, kandungan gizi oncom sangat tinggi, terutama setelah melewati proses fermentasi.

Paprika

Rasanya manis dan pedas serta harum baunya sehingga membuat makanan menjadi lezat.

Paprika mengandung vitamin A, yang dibutuhkan untuk mencegah penyakit mata, reproduksi dan kesehatan kulit, betakaroten sebagai anti kanker, dan vitamin B6 dan asam folat untuk mencegah aterosklerosis, serta membentuk protein, hormon dan sel darah merah.

Dari 100 gram paprika mengandung 190mg vitamin C, yang berarti kadarnya lebih tinggi dari jeruk (Setiap 100gram jeruk hanya mengandung 30-50mg vitamin C).
Vitamin C sangat penting untuk meningkatkan imunitas tubuh.

Tauge

Tauge (Kecambah)

Tauge termasuk kedalam jenis sayuran. Tauge adalah tumbuhan bayi yang biasanya berasal dari kacang hijau.


Karena Tauge adalah tanaman yang baru tumbuh maka banyak yang menyebutnya sebagai kecambah.


Tauge kaya akan senyawa antioksidan lengkap dan memiliki daya perlindungan yang luar biasa terhadap stroke, kanker dan serangan jantung.


Tauge sangat kaya vitamin A, C dan E dan juga tauge mengandung saponin yang dapat menghancurkan lemak jahat LDI.


Tauge juga banyak mengandung serat dan air, sehingga dapat membantu memperlancar buang air besar.

Jamur


Jamur Enoki

Jamur Enoki banyak mengandung vitamin B1, B2 dan E dalam jumlah tinggi.

Jamur Enoki ini sangat membantu menurunkan kolesterol dalam darah, mencegah tekanan darah tinggi (hipertensi), serta penyumbatan pembuluh darah yang dapat menyebabkan stroke dan kematian.

Lettuce

Lettuce adalah sejenis sayuran dan juga dikenal dengan nama selada.

Lettuce ini digolongkan sebagai sayur yang dapat dikonsumsi bebas karena kandungan kalorinya rendah, yaitu hanya 14 kalori per 100 gram).

Lettuce atau selada ini sangat bermanfaat bagi kesehatan, diantaranya adalah untuk menjaga kesehatan pencernaan, metabolisme dan kesehatan liver (hati).

Lettuce juga bermanfaat untuk mengurangi resiko stroke, kanker, dan katarak.

Manfaat lettuce lainnya adalah membantu mengurangi gangguan sulit tidur (insomania) dan anemia.

Bayam


Bayam (Spinach)

Bayam adalah sayuran yang banyak digemari oleh penyuka sayuran.

Bayam mengandung vitamin A dan vitamin C.

Mineral yang sangat penting yang terkandung dalam bayam adalah zat besi.

Mineral ini berperan penting bagi tubuh , yaitu untuk merangsang pembentukan sel darah merah sehingga sangat membantu mencegah anemia.

Serat sebagai nutrisi lain yang terkandung di dalam bayam dapat membantu menyehatkan saluran pencernaan dan membantu menurunkankadar kolesterol darah.

Bayam juga mengandung asam folat, klorofil, dan saponin, serta mineral lain yaitu kalsium, kalium dan mangan.

Manfaat bayam adalah:
- Menurunkan resiko serangan kanker
- Sebagai antidiabetes
- Menurunkan berat badan
- Mencegah anemia
- Menurunkan kadar kolesterol darah
- Menyehatkan saluran pencernaan
- Membantu pembentukan saluran darah merah

Sayuran


Hampir semua sayuran yang biasa dimakan, memiliki gizi.

- Bayam
- Lettuce
- Jamur Enoki
- Tauge
- Paprika
- Oncom

Tinggalkan Pesan Anda Disini !!!